ENAM MAHASISWA DOUBLE DEGREE UNY SELESAIKAN STUDI「Pusat indeks sepak bola Sohu」

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Siaran langsung skor sepak bola olahraga

Di bawah bimbingan Prof. Wu-Yuin Hwang (NCU), dua mahasiswa lainnya dari Prodi S2-Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, UNY telah sukses melaksanakan Oral Defense pada hari Rabu, 8 Juli 2020 secara online dengan menggunakan Zoom Meeting. Dua mahasiswa Prodi S-2 Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika tersebut, yaitu Irma Nuur Rochmah dan Muhamad Trio Maulana Putra. Oral Defense diuji oleh 3 penguji dari National Central University (NCU) dan 2 penguji dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yaitu Prof. Wu-Yuin Hwang (NCU), Prof. Rustam Shadiev (Nanjing University, Cina), Prof. Lai (NCKU Taiwan), Dr. Priyanto (UNY), dan Dr. Ratna (UNY). Pada saat Oral Defense, Irma Nuur Rochmah memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Investigate Behaviors and Strategies of Fraction Problem Solving for Elementary School Students in Authentic Contexts and its Influences on Learning Achievements” dengan Advisor Prof. Wu-Yuin Hwang (National Central University) dan Co-Advisor Dr. Priyanto (Universitas Negeri Yogyakarta). Dari penelitian tersebut diharapkan siswa dapat belajar dengan aktif menggunakan authentic learning sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar, selain itu siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah pada soal-soal pecahan baik dalam bentuk soal maupun dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Muhamad Trio Maulana Putra memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Facilitating Geometry Learning of Elementary School Students With 3D-UG APP in Authentic Contexts - Volume and Surface Area Learning” dengan Advisor Prof. Wu-Yuin Hwang (National Central University) dan Co-Advisor Dr. Ratna (Universitas Negeri Yogyakarta). Penelitian tersebut bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam pembelajaran bangun ruang pada konteks otentik. Dengan menggunakan teknologi augmented reality dari google "ARCORE", siswa dapat mengukur dimensi dari benda-benda tiga dimensi secara real-time menggunakan perangkat telepon pintar. Pada aplikasi yang dikembangkan juga menerapkan pembelajaran teman sebaya, sehingga siswa dapat saling memberi masukan satu sama lain guna meningkat pemahaman siswa.

submitted by humas

Di bagian terakhir, Darmawansah dan Seytowati Rahayu (Mahasiswa Teknologi Pembelajaran) melaksanakan Oral Defense pada Kamis, 23 Juli 2020. Prof. Jie-Chi Yang (NCU) dan Dr. Pujiriyanto (UNY) bertindak sebagai advisor dan co-advisor, sedangkan Chair Committee adalah Prof. Ju-Ling Shih (NCU) dan member Prof. Yi-Tien Wu (NCU). Darmawansah memaparkan penelitiannya yang berfokus pada pengembangan dan penerapan dua gamifikasi penilaian di Small Private Online Course (SPOC) di salah satu universitas di Taiwan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Darmawansah berharap gamifikasi penilaiannya ini tidak hanya bisa diterapkan untuk mahasiswa Taiwan, tetapi juga seluruh pembelajar BIPA diseluruh dunia.

Rahayu Setyowati merupakan mahasiswa dari Magister Teknologi Pembelajaran UNY telah berhasil menyelesaikan studi di Graduate Institute of Network Learning Technology National Central University (GINLT - NCU, Rahayu telah menyelesaikan program tesis di Taiwan yang dibimbing oleh Profesor Yang Jie Chi. Rahayu telah melaksanakan ujian oral defense online pada tanggal 23 Juli 2020 pukul 09.00 WIB. Oral defense online dilaksanakan dengan dua penguji yaitu Prof Ju-Ling Shih dan Prof Ying-Tien Wu. Oral defense juga di hadiri oleh pembimbing dari Indonesia yaitu Dr. Sugito M.A dan Dr. Puji Riyanto. M.Pd. Disamping itu oral defense online juga di hadiri oleh Dr. Ali Muhtadi M.Pd selaku Kaprodi Teknologi Pembelajaran dan beberapa pejabat dan staff UNY.

Durasi oral defense dilakukan selama 1 jam, dengan presentasi 20 menit dan 40 menit sesi tanya jawab dengan judul “Exploring The Effect Of English Reading Game For Senior High School Efl Students In Indonesia”. Pada studi ini, mahasiswa mengembangkan game untuk pendukung proses pembelajaran bahasa Inggris pada materi Reading Skill (Kemampuan Membaca) )dengan menggunakan sistem Articulate Storyline 0.3 dan Articulate Online. Design dan pengembangan game di lakukan bersama Profesor Yang Jie Chi di Taiwan, setelah proses pengembangan game mahasiswa kembali ke Indonesia untuk tindakan penelitian yang di laksanakan di SMA PIRI Yogyakarta selama 4 hari. (darma/ant)

Dua mahasiswa yang berasal dari Prodi S2-Teknolologi Pembelajaran dan Prodi S2-PTEI telah melaksanakan Oral Defense secara langsung yang bertempat di gedung Graduate Institute of Network Learning Technology, National Central University yang mana Professor Yi-Tien Wu dan Professor Hui-Chun Hung bertindak sebagai penguji kedua mahasiswa tersebut. Dibimbing oleh Professor Ju-Ling Shih (NCU) dan Professor Herman Dwi Surjono (UNY), mahasiswa Prodi Teknologi Pembelajaran yaitu Niluh Putu Puri Palupi Sukenasa telah sukses memaparkan hasil penelitian yang dilaksanakan di Indonesia pada bulan Februari, 2020. Dengan judul penelitian “The Effectiveness of Using Technology-Mediated Board Game for young Learners in Indonesia to Improve English Vocabulary”, penelitian tersebut fokus pada pengembangan game pembelajaran yang mengkombinasikan game, QR Codes teknologi dan konten pembelajaran vocabulary bahasa Inggris ke dalam Board Game yang mana game tersebut diberi nama Garden Island Board Game. Garden Island Board disajikan dengan dua level permainan yaitu level 1 bagi siswa-siswi kelas 1 sekolah dasar dan level 2 bagi siswa-siswi kelas 2 sekolah dasar. Dengan Garden Island board game, siswa-siswi sekolah dasar tidak hanya dapat mempelajari kosakata Bahasa Inggris tetapi juga dapat mempelajari konsep berkebun yang mana perpaduan tersebut dapat mendukung proses pembelajaran tematik integratif di Indonesia. Dari penelitian tersebut diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan pada siswa-siswi sekolah dasar di Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar, prestasi belajar dan memberikan pemahaman mengenai konsep berkebun sejak dini.