LPPM SIAP MENDUKUNG PERCEPATAN UNY MENUJU WCU (WORLD CLASS UNIVERSITY)「Dafa Baccarat」

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Siaran langsung skor sepak bola olahraga

Sekretaris LPPM UNY Prof. Dr. Siti Irene Astuti Dwiningrum, M.Si. memberikan pembekalan ”Teknis Penyusunan Program Kerja”, target Rapat kerja ini adalah tersusunnya rencana kerja Manajemen LPPM dan program Pusat-Pusat yang berupa matrik kegiatan dalam 1 tahun ke depan.

Suyanta menegaskan, sebagai respon terhadap meningkatkan tuntutan terhadap kinerja LPPM, maka penataan terhadap kelembagaan LPPM UNY seperti tercantum  Peraturan Rektor UNY Nomor 17 Tahun 2019 tentang Tata Kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Keputusan Rektor UNY Nomor: B/1053/UN34/KP.08.01/2019 tentang Pengangkatan Ketua dan Sekretaris Pusat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pengubahan terminologi Pusat Studi menjadi Pusat diharapkan mempercepat capaian kinerja dari 18 Pusat Studi menjadi 6 Pusat antara lain: [1] Pusat Budaya, Lingkungan, dan Mitigasi, [2] Pusat Kreativitas, Literasi, dan Pembelajran Sepanjang Hayat, [3] Pusat Inovasi, Inkubator Bisnis, dan Hak Kekayaan Intelektual, [4] Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter, [5] Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian dan Kuliah Kerja Nyata, dan [6] Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah, Pusat Publikasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas jurnal yang ada di UNY, sedang Pusat Studi yang ada sebelumnya akan menjadi Kelompok Kajian dalam Pusat.

Siti Irene menjelaskan, anggaran yang tercantum dalam RKPT bisa merupakan dana awal (sharing) dari suatu kegiatan kerjasama dengan mitra, sehingga seperti dana pancingan dalam melaksanakan kegiatan Pusat-Pusat.

“Dengan rapat kerja ini, diharapkan kinerja LPPM di Tahun 2020 meningkat dalam bingkai Terwujudnya LPPM yang unggul dan terkemuka dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis ipteks dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kehidupan dan kemanusiaan untuk mendukung UNY menjadi Universitas Kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan”, tandas Siti Irene.(hty/ags)

Untuk mengawali tugas dan kerja LPPM di tahun 2020 dilaksanakan Rapat Kerja LPPM UNY yang berlangsung pada Jumat - Sabtu, 24-25 Januari 2020 bertempat di @K Hotel Kaliurang, yang diikuti oleh Ketua dan Sekretaris Lembaga, Ketua dan Sekretaris Pusat, Redaktur Jurnal, Struktural dan seluruh Tenaga Kependidikan LPPM UNY. Sesuai dengan Peraturan Rektor UNY Nomor 17 Tahun 2019 tanggal 19 Agustus 2019 tentang Tata Kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, bahwa LPPM mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, secara tata kerja LPPM terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bagian Tata Usaha, Pusat dan Kelompok Jabatan Fungsional.

“Oleh karena itu, LPPM melakukan perubahan sistematika pekerjaan dalam mengimplementasikan RKPT, agar simpel dan maksimal, antara lain perubahan skim penelitian kerjasama internasional dan Research Group”, ungkapnya.

Dalam Rapat Kerja ini, Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Suyanta, M.Si. memberikan arahan “ Kebijakan LPPM UNY”, Program dan kegiatan LPPM UNY yang tercantum dalam Rencana Kegiatan dan Penganggaran Terpadu (RKPT) UNY Tahun 2020 merupakan turunan dari kebijakan perguruan tinggi dalam rangka percepatan UNY menuju World Class Univercity (WCU). Kinerja LPPM UNY memberikan sumbangsih kepada kinerja perguruan tinggi sekitar 40% antara lain, kinerja penelitian, kinerja pengabdian kepada masyarakat, kinerja Inovasi misalnya berupa Hak Kekayaan Intelaktual (HKI), publikasi, kerjasama.  Untuk target publikasi adalah 300 jurnal terindek scopus.